Bisnis Kuliner Tahun 2020

Bisnis Kuliner Tahun 2020

Banyak penyebab dibalik bangkrutnya bisnis kuliner seseorang. Bukan cuma soal manajemen keuangan bisnis yang buru atau modal yang kurang saja, tapi bisa juga karena pemilik bisnis kuliner tidak mau melihat tren bisnis kuliner yang sekarang ini sedang berkembang.

Dengan mempertahankan tren kuliner yang lama, tentu berjalannya waktu konsumen akan terus berkurang yang pada akhirnya bisnis kuliner mengalami gulung tikar. Sementara, masyarakat zaman sekarang, mampir ke restoran atau kafe tak cuma sekedar menikmati makan dan minum saja, tapi mereka juga ingin ngobrol lama dengan teman-teman sambil menikmati suasana restoran, berfoto-foto, dan sebagainya.

Coba bayangkan, jika kebutuhan konsumen akan restoran yang mengikuti tren atau kekinian terpenuhi, tentunya akan semakin banyak konsumen yang datang dan omzet bisnis pun makin meningkat.

Bagi Anda yang baru saja ingin merintis bisnis kuliner di awal tahun ini atau ingin memperbaiki konsep restoran, Cermati.com telah menyiapkan rangkuman dari berbagai sumber mengenai beberapa tren bisnis kuliner di sepanjang tahun 2020 yang bisa langsung diterapkan. Dijamin, bisnis kuliner akan laris manis!

Anda Bingung Cari Rumah Baru Harga Murah dan  Terbaik? RumahPro.id punya solusinya!

1. Desain Restoran atau Kafe yang Instagramable

Desain pada restoran menjadi poin penting yang harus diutamakan. Selain untuk makan, konsumen juga tak bisa lepas dari berswafoto. Dengan begitu, konsumen akan melihat desain restorannya terlebih dahulu untuk menentukan akan mampir atau tidak. Jika menampilkan desain yang instagramable banget, barulah konsumen akan mampir, begitu sebaliknya.

Nah di tahun ini, desain restoran atau kafe yang instagramable dengan tema rustic dan minimalis masih tinggi peminatnya. Agar kedua desain tersebut semakin menarik, jangan lupa untuk menambahkan furniture dan aksesoris ruangan yang pas sesuai tema yang dipilih misalnya saja pohon hijau atau bunga berukuran kecil yang bisa dipajang di setiap meja, memajang karya seni dan lainnya. Sebaiknya juga pilihlah desain sesuai dengan bisnis kuliner yang akan dijalankan.

2. Open Kitchen

Mungkin sebagian besar masyarakat masih bingung dengan konsep open kitchen ini. Bukan berarti pengunjung dipersilahkan masuk ke dapur belakang, tapi open kitchen ini konsep dapur yang ditata terbuka. Biasanya restoran yang menerapkan konsep ini akan memposisikan dapur di bagian depan restoran atau juga bisa dibelakang dengan pembatas kaca.

Dengan begitu, pengunjung bisa melihat secara langsung kegiatan atau kondisi di dapur. Hal ini juga membuat pengunjung bisa memastikan sendiri bahwa makanan atau minuman yang dipesan diproses dengan baik.

3. Live Music

Meski pada dasarnya restoran atau kafe hanya tempat singgah untuk makan, minum dan beristirahat sejenak, tapi tak ada salahnya juga jika restoran atau kafe menyuguhkan hiburan.

Jika sebelumnya hiburan tersebut hanya berupa musik yang diset melalui ponsel kemudian disambungkan ke speaker tapi tren bisnis kuliner di tahun 2020 ini restoran atau kafe perlu menghadirkan live music seperti akustik. Dengan seperti ini tentunya akan membuat pengunjung merasa lebih enjoy dan menambah keseruan.

4. WiFi

Pengunjung restoran atau kafe pastinya akan langsung menanyakan ‘apakah ada WiFi?’. Dengan adanya WiFi tentunya akan menambah kenyamanan, sebab pengunjung bisa membagikan momen di media sosial, mengerjakan tugas dan sebagainya.

5. Buka Selama 24 Jam

Rasa lapar bisa datang kapan saja, bahkan tengan malam sekalipun seperti jam 12, 1 atau 2. Mencari makanan di luar rumah pada jam tersebut pasti sangat sulit, sebab kebanyakan restoran atau kafe akan tutup pada jam 10 malam.

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang seperti itu, sepertinya di tahun 2020 ini akan banyak restoran atau kafe yang buka selama 24 jam. Dengan begitu, pelanggan bisa makan kapan saja tanpa khawatir jam tutup.

6. Menghadirkan Menu Sehat

Menurut Agence France-Presse yang dikutip dari marketeers.com, ketertarikan masyarakat untuk menjalani gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang lebih sehat khususnya vegan akan meningkat di tahun 2020.

Ini tentunya menjadi peluang yang sangat besar bagi pebisnis kuliner untuk mengahadirkan menu-menu yang sehat pada restoran atau kafenya. Menu sehat tersebut bisa berupa makanan yang diolah tanpa campuran MSG atau bahan pengawet lainnya, salad sayuran atau buah, jus dengan rendah gula dan sebagainya.

7. Menu Sederhana dan Kekinian

Ditahun ini sepertinya menu-menu sederhana akan mengalami peningkatan, mengingat kian kemari semakin banyak orang yang ingin makan dengan olahan yang simple, cepat tapi tetap enak. Selain itu, kuliner kekinian yang muncul di tahun 2019 juga akan masih diminati masyarakat di tahun ini.

Menu Sederhana:

Nasi Goreng
Nasi Telur
Olahan Seafood
Bakso Konro
Olahan Mie dengan berbagai macam topping
Puding regal
Ayam Geprek
Martabak aneka topping
Jus Buah

Menu Kekinian:

Es kopi susu
Minuman dengan topping biskuit
Minuman boba atau bubble
Pancake boba
Makanan dan minuman dengan keju

Miliki Manajemen Bisnis yang Baik

Jangan berpuas diri dulu jika semua tren bisnis di tahun 2020 sudah diterapkan pada bisnis Anda, sebab Anda perlu miliki manajemen bisnis yang baik agar bisnis kuliner berjalan lancar dan mengalami peningkatan setiap tahunnya. Tanpa hal ini bisa saja bisnis yang Anda bangun dari nol akan sia-sia.

Promo Hosting Unlimited

Hosting Unlimited Indonesia

 

Mitraiklan

Website Jasa Iklan Digital Marketing untuk Memudahkan Bisnis Anda

Tinggalkan Balasan