Tips Menghadapi Teman yang Suka Berhutang

Tips Menghadapi Teman yang Suka Berhutang

Tips Menghadapi Teman yang Suka Berhutang. Bertemu teman lama tapi ujung-ujungnya duit? Pernah mengalami kejadian demikian? Kira-kira respon apa yang anda berikan?

Mau mengatakan tidak punya uang tapi sangat sulit karena anda tipikal orang yang sulit menolak sehingga harus mengiyakan, padahal belum tentu kondisi keuangan sedang baik.

Tips menghadapi teman yang suka berhutang sangat dibutuhkan sebagai pencegahan agar mereka tidak hanya datang di saat perlunya saja, ketika ditagih langsung menghilang apalagi si peminjam jauh lebih galak.

Uang dapat merusak pertemanan kalau yang dihutangi tidak mempunyai etikad baik, orang pun akan enggan membantu kembali.

Terkadang ada orang yang merasa sungkan untuk meminjam kepada kerabat terdekat karena tidak ingin merepotkan atau mengetahui permasalahan pribadinya.

Biasanya teman atau kerabat yang hendak pinjam uang mempunyai alasan kurang lebih untuk bayar kontrakan, cicilan kendaraan, modal usaha, tambahan biaya resepsi atau bahkan biaya liburan?

Rasanya meminjam uang ke teman dengan alasan untuk tambahan liburan peluangnya lebih kecil, sebab kebutuhan liburan itu sifatnya tidak urgent hanya bersenang-senang saja.

Tabungan belum mencukupi tapi perlu tambahan uang tunai untuk liburan bersama keluarga kecil? Ajukan pinjaman cepat cair disini! Tim kami akan sigap membantu yang terpenting anda koperatif ketika.

Budget untuk pengeluaran-pengeluaran tadi beberapa tidak bisa dianggap remeh, jika memang anda sudah siap dihutangi buatlah jatuh tempo pembayaran dan meminta agar tepat waktu.

Jalan keluar lain bila tidak ingin mengganggu perencanaan keuangan pribadi ialah menyarankan pengajuan pinjaman secara online.

Pinjaman online menggunakan jaminan masih lebih baik sebab nominal cukup besar dan barang 100% aman.

Sebelumnya jelaskan alasan mengapa anda tidak dapat meminjamkan uang, bila orang tersebut memahami dengan baik pasti akan mengerti. Tapi kalau tidak? Andalah nanti yang akan mengalami kesulitan keuangan.

Tips Menghadapi Teman yang Suka Berhutang

Tips Menghadapi Teman yang Suka Berhutang

Tanpa mengurangi rasa hormat anda sampaikan penolakan secara halus tanpa bermaksud melukai. Setiap orang mempunyai karateristik masing-masing, seharusnya sudah hapal bagaimana sifat teman atau kerabat anda.

Dibawah ini adalah beberapa tips menghadapi teman yang suka berhutang agar keuangan aman terkendali :

1. Berani Berkata TIDAK

Mengatakan tidak merupakan hal termudah setiap anda diteror teman yang hobi menghutang, tetapi kalau sampai salah ucap takutnya menyinggung perasaan. Jadi harus pintar memilah kata-kata, jika tetap memaksa lebih baik bicaralah dengan tegas.

2. Jangan Merasa Bersalah Tidak Dapat Memberikan Pinjaman

Merasa tidak enakan dan bersalah ketika menolak permintaan teman? Sifat tersebut merupakan kelemahan yang bisa dimanfaatkan oleh teman kerja.

Bantuan bukan hanya berupa uang atau materi tetapi bisa juga tenaga dan mendukung secara mental.

Sebenarnya anda juga mempunyai hak untuk tidak memberikan hutangan apalagi kalau mengetahui orang itu dalam mengatur keuangan buruk dan sangat konsumtif, keuangan mereka bukanlah tanggungjawab anda.

hindari memberikan uang semua

3. Hindari Memberikan Uang Pribadi Semuanya

Tips menghadapi teman yang suka berhutang yang ketiga ini bisa dibilang langkah preventif sekaligus represif apabila rekan anda tidak mampu membayar hutang.

Sampikan kemampuan anda dalam memberikan uang tunai minimal 15%, jangan memberikan seluruhnya untuk menghindari gagal bayar (biasanya peminjam jauh lebih galak).

Ini bukan rahasia umum jika meminjamkan uang keseluruhannya ujung-ujungnya tidak akan dikembalikan apalagi kalau anda sedang butuh uang cepat.

4. Sarankan Kepada Kerabat untuk Mengajukan Pinjaman Online

Memberikan bantuan tidak harus berupa materi, bisa juga saran dan semangat. Anda bisa menyarankan teman anda untuk mengajukan pinjaman online menggunakan jaminan sesuai nominal yang dibutuhkan.

Pengajuan menggunakan agunan selalu menjadi jalan kedua dari segi pencairan bisa anda ajukan sesuka hari dan persiapan dokumen tidak seribet KTA yang mengharuskan punya kartu kredit bertujuan untuk pengecekkan BI checking (pembayaran tagihan setiap bulan lancar atau tidak).

Baca Juga : Kredit Cepat Cair Gadai BPKB Kendaraan Kurang dari 24 Jam!

Disini juga menerima gadai elektronik, emas, jam tangan khusus rolex sepeda lipat dan macbook, sisi positif yang bisa diambil adalah agar ia mampu mengatur pendapatan atau gaji bulanan karena harus membayar uang cicilan sesuai jatuh tempo kalau tidak ingin terkena denda.

Dari kondisi diatas tahukan perbedannya dimana?

5. Bawalah Uang Tunai Hanya Cukup untuk Anda Sendiri

Cara ampuh lainnya yaitu selalu membawa uang tunai untuk pembayaran apapun dan hanya cukup untuk anda saja. Untuk menghindari teman yang selalu mengatakan “bayar dulu nanti saya ganti”, pasti sudah tidak asing lagi dengan kata-kata itu?

6. Ajaklah Teman Lain agar Peluang Meminjam Tidak di Anda Saja!

Mengajak teman hangout bareng bertiga untuk menghindari “teman baik” menalangi pembayaran orderan makanan atau barang karena takut tidak dibayarkan seperti yang dulu-dulu.

7. Ingatkan Teman untuk Membawa Kartu Debit

Punya tipe teman pelupa? Coba ingatkan untuk membawa kartu debit di dompet letakkan yang benar untuk meminimalisir talangan dana.

8. Pinjam Uang Balik!

Pinjam uang balik di saat anda butuh, jika ditanyakan buat apa dan nominalnya berapa jawab saja apa adanya “nomimalnya sama kayak hutang anda dulu”. Tujuannya agar orang itu sadar bahwa yang butuh uang bukan mereka saja.

cara halus menolak pinjam uang

Tipe-Tipe Penghutang yang Harus di Hindari

Setelah membahas tips menghadapi teman yang suka berhutang, perlu diketahui juga tipe-tipe penghutang yang harus dihindari antara lain :

Penghutang Budiman
Tipe pertama paling disukai oleh semua orang dan pasti lembaga keuangan lainnya, mereka mampu mengatur keuangan dengan baik walaupun mempunyai kewajiban bayar cicilan.

Meminjam sesuai kebutuhan dan bayar tepat waktu, orang pasti akan merasa senang untuk meminjamkan kembali suatu saat nanti dikala butuh kembali.

Pelupa
Sifat pelupa entah karena lagi banyak pikiran atau bagaimana, jangan lupa untuk terus mengingatkannya agar tidak meleset kembali dari jangka waktu pembayaran yang telah disepakati sebelumnya.

teman suka berhutang

Tukang Gali Lubang Tutup Lubang
Si tukang gali lubang tutup lubang dari satu sisi bisa dapat dipercaya dan di satu sisi lagi bisa tidak. Rasa iba akan muncul untuk tipe ini kalau orang itu bertanggung jawab uang anda akan kembali tepat waktu tapi jangan heran kalau dalam waktu dekat akan pinjam lagi.

Penghutang Pura-Pura Lupa
Pura-pura lupa ketika ditagih dan mengatakan “hutang yang kapan ya?” langsung saja jabarkan hutang tanggal berapa dan nominal keseluruhannya dan to the point kalau anda sedang butuh.

Si Penebar Janji
“Besok atau lusa saya bayar janji” setelah hari H malah tidak ada kabar ditelepon dan di whatsapp tidak bisa. Sudah penebar janji suka mengulur waktu pula, sebaiknya anda hindari si penebar janji.

Penghutang “Ninja”
Suka menghilang ketika ditagih kerumah? Itulah kenapa dinamakan penghutang “ninja”.

Penghutang Tak Tahu Diri
Kenapa tipe ini cukup menyeramkan? Ketika anda meminta kembali uang yang dipinjam malah dianggap tidak paham kondisinya? Alhasil banyak cacian yang ditujukan kepada anda sebagai pemberi pinjaman.

Semua nomor, social media pasti langsung diblock, bukannya bertanggungjawab malah memberikan kesan negatif.

Mitraiklan

Website Jasa Iklan Digital Marketing untuk Memudahkan Bisnis Anda

Tinggalkan Balasan